Sistem Muskuloskeletal

Chaffin (1991) menjelaskan fungsi utama sistem muskuloskeletal adalah menyokong dan melindungi tubuh beserta organ di dalamnya, serta memungkinkan terjadinya gerakan tubuh. Terdapat 6 bagian utama sistem muskuloskeletal  yaitu: tendon (penghubung tulang dan otot), ligament (penghubung antar tulang), fascia ( jaringan pelindung organ dalam), kartilago (tulang rawan), tulang, dan otot.

Tendon, fascia, ligament, tulang dan kartilago merupakan jaringan penghubung yang berfungsi untuk meyokong tubuh, mengirimkan gaya, dan mengontrol kesatuan struktur tubuh. Jaringan penghubung tersusun atas sejumlah sel dan sebuah matriks ekstraseluler. Matriks ekstraseluler tersusun atas serabut dan ground substance. Terdapat dua jenis serabut yaitu serabut elastik dan serabut kolagen. Serabut kolagen lebih banyak ditemukan pada jaringan penghubung dibandingkan dengan serabut elastik. Serabut kolagen memiliki daya renggang yang tinggi dan tahan terhadap perubahan bentuk. Sebaliknya, serabut elastik hanya memiliki daya renggang yang kecil. Proporsi susunan kedua serabut ini mempengaruhi sifat mekanik dari jaringan penghubung (Chaffin,1991).

 

Orientasi serabut kolagen pada tendon, ligament, dan fascia berbeda-beda. Serabut kolagen pada tendon tersusun paralel, sedangkan pada ligament serabut kolagen tersusun non-paralel. Serabut elastik hanya sedikit yang terdapat pada tendon dan ligament. Serabut kolagen pada fascia memiliki orientasi yang tidak beraturan dan proporsi serabut elastik pada fascia lebih besar daripada tendon dan ligament (Chaffin,1991).

 

Kartilago terdapat pada telinga, hidung, sistem pernapasan dan tulang belakang. Kartilago merupakan jaringan penghubung yang unik karena tidak mengandung pembuluh darah dan saraf. Nutrisi yang diperlukan oleh kartilago masuk melalui proses difusi. Terdapat tiga jenis kartilago yaitu hyaline, fibrocartilage, dan elastic cartilage. Hyaline terdapat pada saluran pernapasan dan tersusun dari serat kolagen. Fibricartilage terdapat pada tulang belakang, tersususn atas sejumlah hyaline dan banyak mengandung serabut kolagen. Elastic cartilage terdapat di telinga dan katup tenggorokkan, dan kartilago jenis ini tersusun atas serabut elastik (Chaffin,1991)

 

Tulang terdiri atas berbagai jaringan dan berfungsi sebagai penyokong tubuh. Tulang dibagi menjadi dua kelompok yaitu tulang panjang dan rangka aksial. Tulang panjang berbentuk bundar dan terdapat pada tangan dan kaki sedangkan kerangka aksial memiliki tulang-tulang yang rata. Tulang terus mengalami pertumbuhan mulai dari awal proses pembentukan tulang hingga pada masa penuaan. Massa tulang paling baik dicapai pada manusia berusia 30 tahun, sesudah melewati waktu tersebut tulang mulai mengalami penurunan massa (Chaffin,1991).

 

Otot rangka menyusun 50% berat tubuh dan menggunakan separuh hasil metabolisme tubuh. Terdapat sekitar 400 otot dalam tubuh denga fungsinya masing-masing. Tendon berperan dalam menghubungkan otot ke tulang. Pergerakan otot diatur oleh sistem saraf somatik, atau disebut sistem saraf voluntary. Otot tersusun atas serabut otot, jaringan penghubung dan saraf. Serabut otot merupakan sel yang berbentuk silindris dengan banyak inti sel. Jaringan penghubung pada otot terdiri dari tiga jenis yaitu epimysium, perimysium, dan endomysium. Unit saraf struktural dan fungsional yang menyusun otot disebut neuron. (Chaffin,1991).

 

Selain enam bagian dari sistem muskuloskeletal yang telah disebutkan di atas, terdapat juga joints yang berfungsi untuk menghubungkan dua tulang. Berdasarkan struktur, terdapat tiga jenis joints yaitu synovial joints, fibrous joints, dan cartilaginous joints. Pada synovial joints, tidak terdapat jaringan antar permukaan tulang, sedangkan pada fibrous joints terdapat jaringan serabut antar tulang (Chaffin,1991).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: